Facebook Twitter
Selamat Datang di Blog Miftahul Ulum SMANSAGO!

Minggu, 22 Juli 2012

Buletin Edisi Sya'ban/ Juli 2012




Ta’arufan Yuuk!!!


Sobat Al-furqon, mungkin masih banyak diantara kalian yang merasa asing ketika mendengar nama Miftahul Ulum. So, agar teman-teman nggak pada penasaran, kita ta'arufan (kenlan) dulu yuk sama yang namanya Miftahul Ulum.
Miftahul Ulum atau yang sering disingkat MU, MU adalah sebuah organisasi ekstrakulikuler di SMANSAGO yang bergerak di bidang kerohanian Islam. didirikan sekitar ±11 tahun yanh lalu oleh mba'-mba' dan mas-mas para pendahulu Smansago dan sekarang para alumni pengurus Miftahul Ulum ini bergabung dalam SaHaRA MU (SaHabat RemajA Miftahul Ulum) yang anggotanya tersebar di berbagai kota dan universitas di Indonesia.
Seperti halnya dengan OSIS, MU juga memiliki struktur kepengurusan yang terdiri dari Pengurus harian yang meliputi ketua umum, sekretaris, bendahara dan delapan Baur (Badan Urusan) di bawahnya yang terdiri dari Baur Pengajian, Baur Keakhwatan, Baur Mushola, Baur Badan Usaha, Baur Al-Faqih, Baur Al-Furqon, Baur Perpustakaan, dan Baur Rebana.
Selain mengadakan pengajian rutin,setiap hari kamis, dengan bantuan SaHaRA MU dan pembina MU kami juga mengadakan pesantren Ramadhan, berpetualang di alam (tadabur alam) dan masih banyak lagi kegiatan kaami yang lain.
Bagi teman-teman yang hobi banged bikin cerpen , puisi atau artikel islami silakan mengirimkan hasil karya kalian ke buletin Al-Furqon ataupun ke mading Al-Faqih kami. Untuk yang hobi main musik dan nyanyi silakan bergabung dalam baur rebana dan nasyid. Selain bisa menyalurkan bakat, kalian juga mendapat pahala loh karena mensyiarkan islam lewat lagu-lagu religi yang kalian dendangkan.
Sebatas ini dulu yah ta’aruf kita. Kalo temen-temen masih penasaran dengan MU dan siapa saja pengurusnya silakan bertanya pada mbak-mbak atau mas-mas yang ngasih buletin ini. atau gabung aja dengan kami di MU SMANSAGO dan rasakan MANFAATnya. INsyaAllah....




KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

Sholat dhuha, sering sekali kita mendengar kata tersebut. Ketika kata itu kita dengar, apa yang ada di pikiran kita? Akankah kita terarik untuk melaksanakannya? Atau malah mengacuhkannya.
Sahabat, sholat dhuha memang sholat sunnah, tetapi sunnah muakkad. Akan tetapi, sunnah yang teramat penting, sehingga apabila kita meninggalkannya akan menimbulkan  “risiko”. Sahabat, sholat dhuha itu merupakan hutang kita kepada Alloh. Tentunya yang namanya hutang kita memiliki tanggungan untuk membayarnya,bukan? Sebenarnya semua fasilitas nikmat dari Allloh, seperti nafas kita yang begitu free-nya kita hirup,sistem pencernaan yang begitu komplitnya dan fasilitas nikmat yang lainnya tidaklah sebenar-benarnya gratis untuk kita nikmati. Semua nikmat yang kita rasakan dari pagi hingga bertemu pagi lagi, memiliki tuntutan yang harus dibayar dengan adakan sedekah pada-Nya. Lalu dengan cara apa kita harus membayarnya? Ya, sahabat, Alloh tak menuntut makhluk-Nya berat-berat, Alloh hanya mencukupkan dengan “bayaran” atas hutang-hutang kita kepada-Nya hanya dengan sholat dhuha 2 rokaat di pagi hari setiap harinya. Sungguh begitu Maha Ringan-Nya dan Pemurah. Sahabat bisa membayangan bagaimana mulia-Nya menerima “bayaran” hutang kita terhadap-Nya atas semua nikmat dari-Nya setiap harinya.  Lalu, bagaimana jika sholat itu ditinggalakan? Sungguh sangat negatif ke kualitas kehidupannya dan riskinya. Yang terpenting adalah bagaimana dengan hutang-hutang kita yang belum terbayarkan? Sahabat, ternyata sungguh mulia-Nya dan pemurah-Nya membandingkan semua nikmat setiap harinya hanya dengan sholat dhuha 2 rokaat. Sahabat, semoga dengan ilmu ini kita dapat meningkatkan iman kita pada-Nya dengan rutin membayar hutang kita dengan sholat dhuha 2 rokaat di pagi hari. Amin 
                                                                        (kutipan tausiyah Ustadz Yusuf Mansur)

PENINGKATAN DIRI DAN SUKSES

Segala sesuatu yang terjadi pada kita terjadi dalam tujuan. Dan kadang-kadang, satu hal mengarah ke yang lain. Alih-alih mengunci diri di kandang Anda ketakutan dan menangis karena sakit hati masa lalu, rasa malu dan kegagalan, memperlakukan mereka sebagai guru Anda dan mereka akan menjadi alat Anda baik dalam perbaikan diri dan keberhasilan.
Saya ingat menonton Patch Adams – saya film favorit nya, sebenarnya. Film yang satu besar yang akan membantu Anda memperbaiki diri sendiri. Hunter “Patch” Adams adalah mahasiswa kedokteran yang gagal untuk membuatnya melalui ujian papan. Setelah berbulan-bulan penderitaan dalam melankolis, depresi dan bunuh diri upaya – ia memutuskan untuk mencari perhatian medis dan secara sukarela mengakui dirinya di bangsal jiwa. Bulan Nya tinggal di rumah sakit dipimpin dia untuk bertemu berbagai jenis orang. Orang sakit dalam hal itu. Dia bertemu dengan seorang katatonik, secara mental terbelakang, seorang penderita skizofrenia dan sebagainya. Patch menemukan cara mengobati penyakit sendiri dan akhirnya menyadari ia harus kembali ke jalur. Dia terbangun suatu pagi menyadari bahwa setelah semua kegagalan dan rasa sakit dia telah melalui, ia masih ingin menjadi seorang dokter. Dia membawa dengan dirinya sendiri sikap positif yang membawanya perbaikan diri dan kesuksesan. Dia tidak hanya meningkatkan dirinya, tetapi juga kehidupan orang-orang di sekelilingnya dan kualitas hidup. Apakah dia berhasil? Tak perlu dikatakan, ia menjadi dokter sialan terbaik negaranya yang pernah dikenal.
Jadi, kapan perbaikan diri menjadi identik dengan sukses? Di mana kita mulai? Ambil tips ini, teman-teman …
* Berhenti berpikir dan merasa seperti jika Anda gagal, karena Anda tidak. Bagaimana orang lain menerima Anda jika ANDA tidak bisa menerima ANDA?
* Bila Anda melihat bakhil dan model di TV, berpikir lebih pada perbaikan diri, bukan diri mengasihani. Penerimaan diri bukan hanya tentang memiliki kaki yang jenjang bagus, atau perut besar. Berkonsentrasi pada kecantikan batin.
* Ketika orang merasa begitu turun dan rendah tentang diri mereka sendiri, membantu mereka naik. Jangan turun dengan mereka. Mereka akan menarik Anda turun lebih lanjut dan Anda berdua akan berakhir merasa inferior.
* Dunia adalah ruang besar untuk pelajaran, bukan kesalahan. Jangan merasa bodoh dan dikutuk selamanya hanya karena Anda gagal pada kuis ilmu pengetahuan. Selalu ada waktu berikutnya. Buatlah ruang untuk perbaikan diri.
* Ambil satu hal pada suatu waktu. Anda tidak mengharapkan kambing hitam untuk menjadi sok-dua-sepatu hanya dalam jentikan jari. Perbaikan diri adalah satu hari pada waktu proses.
* Hasil perbaikan diri untuk stabilitas batin, perkembangan kepribadian dan menggali ini …. SUKSES. Ini berasal dari kepercayaan diri, penghargaan diri dan harga diri.
* Tetapkan tujuan yang bermakna dan dapat dicapai. Perbaikan diri tidak mengubah Anda menjadi replika yang tepat dari Cameron Diaz atau Ralph Fiennes. Ia berharap dan bertujuan untuk hasil untuk suatu ANDA ditingkatkan dan lebih baik.
* Hal-hal kecil berarti BESAR kepada orang lain. Kadang-kadang, kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan seperti tepukan di punggung, mengatakan “hi” atau “halo”, seseorang “hari baik” ucapan atau mengatakan sesuatu Mr Smith seperti “hei, aku suka dasi Anda “ini! hal-hal sederhana yang sangat berarti bagi orang lain. Ketika kita sedang menghargai hal-hal indah di sekitar kita dan orang lain, kita juga menjadi indah untuk mereka.
* Bila Anda bersedia untuk menerima perubahan dan pergi melalui proses perbaikan diri, itu tidak berarti bahwa orang lain. Dunia adalah tempat di mana orang-orang dari nilai yang berbeda dan sikap bergaul. Kadang-kadang, bahkan jika Anda berpikir Anda dan teman terbaik Anda selalu ingin melakukan hal yang sama bersama-sama pada saat yang sama, ia kemungkinan besar akan menurun undangan untuk perbaikan diri.
Kita harus selalu ingat bahwa tidak ada hal seperti ‘atas keberhasilan malam. Its selalu perasaan yang luar biasa untuk berpegang pada hal-hal yang sudah Anda miliki sekarang, menyadari bahwa mereka hanya salah satu hal yang Anda pernah berharap untuk. Sebuah kutipan yang sangat bagus mengatakan bahwa “Ketika murid siap, guru akan muncul.” Kami semua di sini untuk mempelajari pelajaran kami. Orangtua kami, sekolah guru, teman, kolega, officemates, tetangga … mereka adalah guru kita. Ketika kita membuka pintu kami untuk perbaikan diri, kita meningkatkan kesempatan kami untuk kepala ke jalan kesuksesan.
(Remaja Gaul Islam)

Poniman........The next leader
Cowok kelahiran 19 Maret 1996 yang memiliki nama lengkap Poniman ini mempunyai cita-cita yang mulia yaitu ingin berwira usaha untuk menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga dapt mengurangi jumlah pengangguran. Motto hidupnya adalah “Luruskan AQIDAH dan jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain”. Saat ini dia tinggal di Masjid Annur Gombong.
Dengan sikapnya yang bijak dan pembawaannya yang kalem, ia berkeinginan untuk mensolidkan para pengurus Miftahul Ulum ke depan. Kesalihannya membuat dia dipercaya oleh teman-temannya untuk menjadi ketua Miftahul Ulum yang baru.
Pesan mas Poniman untuk teman-teman siswa baru, “Hai saudara-saudaraku...mari kita untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT , selalu khwatir akan kesahan ibadah kita,ingat akan kematian, dan yana paling penting luruskan AQIDAH!!!”.^-^. Kita berharap kepemimpinannya mampu meningkatkan kondisi Miftahul Ulum ke depannya. Semoga saja mas Poniman mampu melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, betul ndak temen-temen???  Ini nich alamat e-mailnya mas Poniman: ponimanannur@yahoo.com . mau share atau kenalan silakan aja.^-^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

SMANSAGO

Blog MU SAGO

Religion School